Senin, 03 Desember 2012

Tulisan 1 Bahasa Indonesia


Keindahan Sumatera Barat
Kalian pasti sudah mengenal sebutan Ranah Minang kan? Yaa, Ranah Minang adalah sebutan untuk propinsi Sumatera Barat yang ada di Negeri Indonesia ini. Kenapa saya menulis tentang Keindahan Ranah Minang ini karena saya sangat mengagumi keindahan alamnya dan beruntung saya berasal dari Sumatera Barat memang sih saya tidak dilahirkan di Kota Padang  tetapi saya tetap suka dan kagum terhadap kota ini walaupun masih banyak kota lain yang menyimpan keindahan-keindahan alamnya. Sumatera Barat yang beribukota Padang ini menyimpan keindahan alam yang sangat indah sampai-sampai keindahan alamnya terdengar hingga penjuru Dunia. Jadi,  tidak heran para wisatawan asing maupun lokal sering berkunjung ke Sumatera Barat.
Dari informasi yang saya dapat dan sayapun pernah datang langsung ke Sumatera Barat memang benar kota itu sangat indah dengan udara yang sejuk, Sumatera Barat terletak di pesisir barat bagian tengah pulau Sumatera yang terdiri dari dataran rendah di pantai barat dan dataran tinggi vulkanik yang dibentuk oleh Bukit Barisan dan banyak sekali gunung-gunung yang menglilingi kota tersebut. Sempat saya berkunjung ke tempat dimana ada patung Malin Kundang tepatnya di Pantai Air Manis dan memang benar di pantai itu terdapat patung dalam keadaan seperti sedang sujud.tempat wisata yang saya datangi selanjutnya ke Danau Maninjau yang untuk bisa mencapai danau tersebut harus melewati kelok 44 dari arah Bukittinggi. Danau tersebut memang indah sampai-sampai saya ‘betah’ berada disana, banyak nelayan yang sedang mengambil kerang pensi (sebutan kerang yang berukuran kecil), banyak juga yang menjual kerang pensi tersebut dalam keadaan matang dan rasanyapun sangat enak. Selain Danau Maninjau yang terletak di Bukittinggi ada juga danau Singkarak yang tidak jauh indahnya dengan Danau Maninjau.
Danau Singkarak ini terletak di dua kabupaten di Provinsi Sumatera Barat, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Keindahan alam, kesejukan udara dan airnya yang jernih merupakan peona alam yang indah sehingga membuat danau ini begitu istimewa untuk dikunjungi. Selanjutnya tempat wisata yang wajib dikunjungi di Sumatera barat adalah Jam Gadang yang terletak di pusat Kota Bukittingi. Jam ‘raksasa’ ini memiliki empat buah jam yang terletak di keempat sisinya yang semuanya berukuran besar seperti Jam yang ada di London,Inggris. Jam gadang tersebut digunakan sebagai penanda kota Bukittingi dan juga disekitar area tersebut merupakan objek wisata yang berupa taman-taman yang tiap harinya ramai dikujungi penduduk lokal maupun wisatawan luar. Tidak  lupa juga aneka kuliner khas SumBar juga banyak dijajakan disekitar tempat wisata ini misalnya saja ada sate padang, kue-kue khas Padang seperti Lamang Tapai, bugis serta penganan khas lainnya yang sangat menggugah selera.
Mungkin hanya sampai sini saja saya menulis tentang keindahan alam Sumatera Barat dan masih banyak lagi keindahan-keindahan alam lain yang ada di Negara Indonesia ini, saya lanjut lain kali dengan keindahan-keindahan Propinsi di Indonesia ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar