OpenGL adalah
sebuah program aplikasi interface yang digunakan untuk mendefinisikan komputer grafis 2D dan 3D. Program
lintas-platform API ini umumnya dianggap ketetapan standar dalam industry
komputer dalam interaksi dengan
komputer grafis 2D dan juga telah menjadi alat yang biasa untuk digunakan
dengan grafis 3D. Singkatnya,
Open Graphics Library, OpenGL menghilangkan kebutuhan untuk pemrogram untuk
menulis ulang bagian grafis dari sistem operasi setiap kali sebuah bisnis akan
diupgrade ke versi baru dari sistem.
Fungsi dasar dari OpenGL adalah untuk
mengeluarkan koleksi perintah khusus atau executable ke sistem operasi. Dengan
demikian, program ini bekerja dengan perangkat keras grafis yang ada yang
berada pada hard drive atau sumber tertentu lainnya. Setiap perintah dalam
dirancang untuk melakukan tindakan tertentu, atau memulai efek khusus tertentu
yang terkait dengan grafis.
Pertama yang harus yang dilakukan adalah
mempunyai perlengkapan yang digunakan :
- Dev C++ (pastikan komputer anda
sudah terinstal aplikasi ini)
- Header glut (header yang
digunakan untuk OpenGL)
Pertama yang harus yang kita lakukan adalah mempunyai perlengkapan yang digunakan :
1. Dev C++ (pastikan
komputer anda sudah terinstal aplikasi ini)
2. Header glut (header
yang digunakan untuk OpenGL)
Apabila komputer anda belum terinstal Dev C++ anda bisa
mendownloadnya terlebih dahulu, lalu instal Dev C++ seperti halnya menginstal
aplikasi lainnya. lalu untuk menjalankan atau membuat file OpenGL anda harus
memiliki Headernya , anda bisa mendownloadnya , dan untuk menginstal
header OpenGL berikut adalah langkahnya:
Cara menginstall
(Dev C++ dan OpenGL)
1. Masuk kedalam Dev C++
Klik menu tools > Pilih Package manager
2.
ganti Files of Type menjadi (generic packages) ada file
berekstensi (.rar atau .zip ) terbaca.
3.
Klik open,lalu ikuti langkah-langkahnya sampai selesai
terinstal.
Lalu setelah selesai menginstal Dev c++ dan header openGL,
selanjutnya kita mencoba untuk langsung membuat tugas program sederhana
kita,cara membuat file baru adalah :
1.
Klik menu File > Pilih New > Project .
2.
Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan
beri nama Project.
Setelah membuat project,lanjut kita untuk membuat program
sederhana sebagai tugas mata kuliah ini yaitu membuat garis
Vertikal,Horizontal dan Diagonal.
Membuat garis Vertikal
Untuk membuat garis vertikal , lihat
pada project. begitu kita selesai membuat project pasti yang muncul adalah
bukan lembar kerja kosong pada umumnya,tetapi lembar kerja yang sudah terisi
source code untuk openGL ini. yang harus kita lakukan adalah mencari bagian
yang bertuliskan /* OpenGL animation code goes here */ . untuk mengerjakan
program dengan file multimedia OpenGL kita cukup mengubah-ubah pada bagian ini
saja
Untuk membuat garis vertikal
kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
Codingan untuk membuat garis vertical:
/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk
membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();
[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna
garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk
menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); [ untuk menentukan
titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0);
[ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); [untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi
buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai mengetikkan
codingannya, selanjutnya compile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di
compile akan meminta untuk di save, save file dan beri nama lalu run program dengan
menekan tombol ctrl+F10. Jika tidak terdapat error pada program tersebut maka
akan menghasilkan output seperti dibawah ini:
Membuat garis Horizontal
Untuk membuat garis horizontal kita bisa
tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
Codingan untuk membuat garis Horizontal:
/*Untuk membuat garis Horizontal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan
latar dalam mode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna
garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan
warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan
titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
[ untuk menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); [ untuk
menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd(); [untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi
buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai mengetikkan
codingannya, selanjutnya compile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di
compile akan meminta untuk di save, save file dan beri nama lalu run program dengan
menekan tombol ctrl+F10. Jika tidak terdapat error pada program tersebut maka
akan menghasilkan output seperti dibawah ini:
Membuat garis Diagonal
Untuk membuat garis diagonal kita bisa
tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
Codingan untuk membuat garis diagonal:
/*Untuk membuat garis Diagonal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk
membersihkan latar dalam mode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix (); [Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna
garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk
menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); [untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi
buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai mengetikkan
codingannya, selanjutnya compile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di
compile akan meminta untuk di save, save file dan beri nama lalu run program dengan
menekan tombol ctrl+F10. Jika tidak terdapat error pada program tersebut maka
akan menghasilkan output seperti dibawah ini:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar