Senin, 22 Oktober 2012

Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar


Di Era Globalisasi ini perkembangan Teknologi semakin cepat berkembang mulai dari alat elektronik sampai bahasa pun ikut berkembang tetapi perkembangan bahasa Indonesia ini bukan mengarah pada hal yang baku lagi seperti dulu, tetapi sekarang bahasa Indonesia sudah banyak yang tidak beraturan padanan katanya.
Contoh yang sering saya temui adalah penggunaan Bahasa yang sering saya dengar dikalangan masyarakat  sekarang adalah menggunakan  ‘Bahasa Gaul’ yang menurut saya kurang tepat dari segi EYD nya, tetapi mungkin dari sudut pandang makna dari bahasa gaul tersebut sudah dimengerti oleh banyak pihak termasuk saya sendiri. Saya juga sering menggunakan ‘bahasa gaul’ tersebut dalam kehidupan sehari-hari tetapi pada kalangan tertentu atau pada tempat tertentu. Lain hal bila saya sedang berbicara di depan umum atau sedang berpidato dengan tema pidato tertentu, jadi saya harus bisa menyesuiakan kata apa yang digunakan dalam berbicara didepan umum. Banyak orang yang pandai berbahasa Inggris atau bahasa Asing lainnya, merekapun sering memadupadankan kata-kata Bahasa Inggris tersebut dalam obrolan mereka yang sebenarnya kata dari Bahasa Inggris itu sudah ada didalam Bahasa Indonesia, tetapi mungkin menurut mereka dengan berbahasa yang ‘dicampur aduk’ itu bisa terlihat ‘keren’ bagi yang mendengarkan karena bisa menguasai beberapa kata dalam Bahasa Asing tersebut.  Saya sendiri lebih senang dengan penggunaan bahasa daerah apalagi bahasa daerah Sumatera, karena saya berasal dari daerah Sumatera jadi saya lebih senang mendengar orang-orang yang sering saya jumpai berbahasa daerah Sumatera contohnya bahasa Padang dan bahasa Batak daripada mendengar orang yang berbicara menggunakan ‘bahasa gaul’ yang tidak pas dengan ejaan yang ada didalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar tersebut. Tapi mau dikata apa mereka yang sekarang sering menggunakan ‘bahasa gaul’ tersebut mungkin belum sepenuhnya mengenal dan paham betul dengan apa yang disebut Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Jadi penggunaan Bahasa Indonesia pada zaman sekarang memang sudah berbeda,mereka yang berbicara tidak lagi menghiraukan bahasa yang baik dan benar, mungkin lebih baik mereka menggunakan bahasa daerah mereka masing-masing supaya bisa mengembangkan nilai budaya masing-masing daerah. Maka dari itu kita sebagai Bangsa Indonesia harus bisa menjunjung tinggi Bahasa Indonesia didalam  penerapannya dengan baik dan benar. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar