OpenGL adalah
sebuah program aplikasi interface yang digunakan untuk mendefinisikan komputer grafis 2D dan 3D. Program
lintas-platform API ini umumnya dianggap ketetapan standar dalam industry
komputer dalam interaksi dengan
komputer grafis 2D dan juga telah menjadi alat yang biasa untuk digunakan
dengan grafis 3D. Singkatnya,
Open Graphics Library, OpenGL menghilangkan kebutuhan untuk pemrogram untuk
menulis ulang bagian grafis dari sistem operasi setiap kali sebuah bisnis akan
diupgrade ke versi baru dari sistem.
Fungsi dasar dari OpenGL adalah untuk
mengeluarkan koleksi perintah khusus atau executable ke sistem operasi. Dengan
demikian, program ini bekerja dengan perangkat keras grafis yang ada yang
berada pada hard drive atau sumber tertentu lainnya. Setiap perintah dalam
dirancang untuk melakukan tindakan tertentu, atau memulai efek khusus tertentu
yang terkait dengan grafis.
Pertama yang harus yang dilakukan adalah
mempunyai perlengkapan yang digunakan :
- Dev C++ (pastikan komputer anda
sudah terinstal aplikasi ini)
- Header glut (header yang
digunakan untuk OpenGL)
Cara menginstall (Dev C++ dan OpenGL)
Apabila komputer anda belum terinstal Dev C++ anda bisa
mendownloadnya terlebih dahulu, lalu instal Dev C++ seperti halnya menginstal
aplikasi lainnya. lalu untuk menjalankan atau membuat file OpenGL anda harus
memiliki Headernya , anda bisa mendownloadnya , dan untuk menginstal
header OpenGL berikut adalah langkahnya:
- Masuk kedalam Dev C++
- Klik
menu tools > Pilih Package manager seperti gambar di bawah :
- Klik Install seperti
gambar di bawah :
- ganti
Files of Type menjadi (generic packages) ada file berekstensi (.rar atau
.zip ) terbaca.
- Klik
open,lalu ikuti langkah-langkahnya sampai selesai terinstal.
Lalu setelah selesai menginstal Dev c++ dan
header openGL, selanjutnya kita mencoba untuk langsung membuat tugas program
sederhana kita,cara membuat file baru adalah :
- Klik
menu File > Pilih New > Project .
- Pada
bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama
Project.
Setelah membuat project, selanjutnya kita membuat program sederhana sebagai tugas mata
kuliah ini yaitu membuat garis Vertikal,Horizontal dan Diagonal.
Membuat Garis Vertikal
Untuk membuat garis vertikal , lihat pada project. Setelah selesai
membuat project pasti yang muncul adalah bukan lembar kerja kosong pada
umumnya,tetapi lembar kerja yang sudah terisi source code untuk openGL ini.
yang harus kita lakukan adalah mencari bagian yang bertuliskan /* OpenGL
animation code goes here */ . untuk mengerjakan program dengan file multimedia
OpenGL kita cukup mengubah-ubah pada bagian ini saja
Untuk membuat garis vertikal kita bisa tuliskan koding seperti
gambar di bawah ini :
Codingan untuk membuat garis vertical :
/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();
[Membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //
[untuk menentukan warna
garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0);
[ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd ();
[untuk mengakhiri gambar
garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan
untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai mengetikkan
codingannya, selanjutnya compile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di
compile akan meminta untuk di save, save file dan beri nama lalu run program dengan
menekan tombol ctrl+F10. Jika tidak terdapat error pada program tersebut maka
akan menghasilkan output seperti dibawah ini:
Membuat garis Horizontal
Untuk membuat garis horizontal kita bisa tuliskan koding seperti gambar
di bawah ini :
Codingan untuk membuat garis vertical :
/*Untuk membuat garis Horizontal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix();
[Membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
[ untuk
menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk menentukan
titik akhir yang digunakan ]
glEnd();
[untuk mengakhiri gambar
garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan
untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai mengetikkan
codingannya, selanjutnya compile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di
compile akan meminta untuk di save, save file dan beri nama lalu run program dengan
menekan tombol ctrl+F10. Jika tidak terdapat error pada program tersebut maka
akan menghasilkan output seperti dibawah ini:
Membuat garis Diagonal
Untuk membuat garis diagonal kita bisa tuliskan coding seperti gambar di
bawah ini :
Codingan untuk membuat garis Diagonal :
/*Untuk membuat garis Diagonal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode
RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();
[Membuat baris kode menjadi
tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //
[untuk menentukan warna
garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar garis dari
titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8);
[ untuk menentukan titik
awal yang digunakan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd ();
[untuk mengakhiri gambar
garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan
untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai mengetikkan
codingannya, selanjutnya compile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di
compile akan meminta untuk di save, save file dan beri nama lalu run program dengan
menekan tombol ctrl+F10. Jika tidak terdapat error pada program tersebut maka
akan menghasilkan output seperti dibawah ini:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar