Jumat, 26 Oktober 2012

Membuat Garis dengan OpenGL


OpenGL adalah sebuah program aplikasi interface yang digunakan untuk mendefinisikan komputer grafis 2D dan 3D. Program lintas-platform API ini umumnya dianggap ketetapan standar dalam industry komputer dalam interaksi dengan komputer grafis 2D dan juga telah menjadi alat yang biasa untuk digunakan dengan grafis 3D. Singkatnya, Open Graphics Library, OpenGL menghilangkan kebutuhan untuk pemrogram untuk menulis ulang bagian grafis dari sistem operasi setiap kali sebuah bisnis akan diupgrade ke versi baru dari sistem.
Fungsi dasar dari OpenGL adalah untuk mengeluarkan koleksi perintah khusus atau executable ke sistem operasi. Dengan demikian, program ini bekerja dengan perangkat keras grafis yang ada yang berada pada hard drive atau sumber tertentu lainnya. Setiap perintah dalam dirancang untuk melakukan tindakan tertentu, atau memulai efek khusus tertentu yang terkait dengan grafis.

Pertama yang harus yang dilakukan adalah mempunyai perlengkapan yang digunakan :
  1. Dev C++ (pastikan komputer anda sudah terinstal aplikasi ini)
  2. Header glut (header yang digunakan untuk OpenGL)

Cara menginstall (Dev C++ dan OpenGL)

           Apabila komputer anda belum terinstal Dev C++ anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu, lalu instal Dev C++ seperti halnya menginstal aplikasi lainnya. lalu untuk menjalankan atau membuat file OpenGL anda harus memiliki Headernya , anda bisa mendownloadnya , dan untuk menginstal header OpenGL berikut adalah langkahnya:

  1. Masuk kedalam Dev C++
  2. Klik menu tools > Pilih Package manager seperti gambar di bawah :
  3. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZ6iUCkARYkh2i5o2EUysM3H-o41H3JZpSVYdd7cP5NenAppJOTKHvDjbG_dtqTJudQsohx7D-XIJgEOb0e5jIgWsWKfjGJ46StJQqdjX_N211yi4Sbozns4JBgpzvoeSbBmCbFpYJ4NgX/s400/Install1.jpgKlik Install seperti gambar di bawah :https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsb5JlEXWQQggpmVK0UE5FyfKm2RLvpu5lf6gUuV3ez2bIXHEsYkzAjQdeXzYGxAYwNHyAOy6oKN1hlr7rjRmuBhBLm41GVjJh8ZE51-PhtrO2F30fmrC2C9OMwbnLvHgNJh3FSWajfTjJ/s400/Install2.jpg
  4. ganti Files of Type menjadi (generic packages) ada file berekstensi (.rar atau .zip ) terbaca.
  5. Klik open,lalu ikuti langkah-langkahnya sampai selesai terinstal.

Lalu setelah selesai menginstal Dev c++ dan header openGL, selanjutnya kita mencoba untuk langsung membuat tugas program sederhana kita,cara membuat file baru adalah :
  1. Klik menu File > Pilih New > Project .
  2. Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project.

Setelah membuat project, selanjutnya kita  membuat program sederhana sebagai tugas mata kuliah ini yaitu  membuat garis Vertikal,Horizontal dan Diagonal.

Membuat Garis Vertikal

        Untuk membuat garis vertikal , lihat pada project. Setelah selesai membuat project pasti yang muncul adalah bukan lembar kerja kosong pada umumnya,tetapi lembar kerja yang sudah terisi source code untuk openGL ini. yang harus kita lakukan adalah mencari bagian yang bertuliskan /* OpenGL animation code goes here */ . untuk mengerjakan program dengan file multimedia OpenGL kita cukup mengubah-ubah pada bagian ini saja 



         Untuk membuat garis vertikal kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :




Codingan untuk membuat garis vertical :
/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
 [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA]

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix ();             [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);     [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //         [untuk menentukan warna garis/titik]

glBegin(GL_LINES);                [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);  [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]

glVertex3f(0,0,0.0);                 [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]

glEnd ();             [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]

glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]

Sleep (1);

Setelah selesai mengetikkan codingannya, selanjutnya compile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, save file dan beri nama lalu run program dengan menekan tombol ctrl+F10. Jika tidak terdapat error pada program tersebut maka akan menghasilkan output seperti dibawah ini:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjPMap1uSCVSi1jVpJsTy6boVF5js2B_JgfjHqotUogs_hoYVe8RUJZCIP2RBmZVdv_iALSArzScgwNwQNEG_WbNk4n3O5FOxNwboYsEKhP5sD24qqmQCgP6TVHHbLK_NCs-1rnsaHluakQ/s1600/VertikalHasil.jpg
Membuat garis Horizontal
     Untuk membuat garis horizontal kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :


Codingan untuk membuat garis vertical :
/*Untuk membuat garis Horizontal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix();           [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);  [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //      [untuk menentukan warna garis/titik]

glBegin(GL_LINES);               [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);

glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);   [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);        [ untuk menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);     [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]

glEnd();             [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]

Sleep (1);

Setelah selesai mengetikkan codingannya, selanjutnya compile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, save file dan beri nama lalu run program dengan menekan tombol ctrl+F10. Jika tidak terdapat error pada program tersebut maka akan menghasilkan output seperti dibawah ini:



Membuat garis Diagonal
     Untuk membuat garis diagonal kita bisa tuliskan coding seperti gambar di bawah ini :


 Codingan untuk membuat garis Diagonal :
/*Untuk membuat garis Diagonal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  
 [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA]

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); 
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix ();           [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

glClearColor(1,1,1,0);   [untuk menentukan warna garis/titik]

glColor3f(1,1,1); //       [untuk menentukan warna garis/titik]

glBegin(GL_LINES);        [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]

glVertex3f(0,0,-0.8);        [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]

glVertex3f(9.9,8.9,0.1);    [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]



glEnd ();              [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]

glPopMatrix ();  [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]


Sleep (1);

Setelah selesai mengetikkan codingannya, selanjutnya compile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, save file dan beri nama lalu run program dengan menekan tombol ctrl+F10. Jika tidak terdapat error pada program tersebut maka akan menghasilkan output seperti dibawah ini:


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiqin_UnS2BD_18jMfaGIyGIll-tvMDQclysXxthvXaNKtK3-qpcVoqjiqpUsh_mCpWwxUCstpqD_cGhwilKrP7vq0eyK5GMJYAvxgeCuPTJeVfjRF8p5d5U2yTi_ezfd9BlTITAucK-abo/s1600/DiagonalHasil.jpg




Tidak ada komentar:

Posting Komentar