Dalam
Telematika, ada beberapa layanan yang dapat digunakan. Yang termasuk dalam
layanan tersebut adalah layanan dial up untuk browsing internet maupun semua
jenis atau macam jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk
mentransfer ataupun mengirimkan data melalui layanan Internet. Internet sendiri
merupakan salah satu layanan yang merupakan contoh dari telematika.
Beberapa Jenis Layanan telematika:
- Layanan Informasi
- Layanan Kesehatan
- Layanan keamanan
- Layanan Context-Aware dan Event-base
- Layanan Perbaikan sumber
Layanan Informasi
Layanan yang ditujukan kepada masyarakat
- Meningkatkan kesejahteraan rakyat
- Pemberantasan kemiskinan dan kesenjangan
- Meningkatkan Kualitas hidup masyarakat
Layanan
yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan perawatan kesehatan bagi
masyarakat
Sarana yang digunakan :
- Forum kesehatan online
- Sistem pakar kesehatan online
- Medical Treatment Web
Contoh
TeleSCAN merupakan layanan internet untuk riset penyakit
kanker, perawatan dan pendidikan di Eropa yang menyediakan interface yang
berbasis web untuk menyediakan layanan serta sumberdaya yang berhubungan dengan
kanker.
Layanan Keamanan
Digunakan masyarakat untuk ikut serta dalam peningkatan
keamanan
Sarana yang digunakan :
- Forum online di web
- Security learning and web
- Traffic service online
Contoh
Cyber law
Layanan Context-Aware dan Event-base
kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks,
yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan
network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter
itu.
Tiga hal yang menjadi perhatian sistem context-aware menurut
Albrecht Schmidt, yaitu:
-The acquisition of context (Perolehan Konteks)
Hal ini berkaitan dengan pemilihan konteks dan bagaimana cara
memperoleh konteks yang diinginkan, sebagai contoh : pemilihan konteks lokasi,
dengan penggunaan suatu sensor lokasi tertentu (misalnya: GPS) untuk melihat
situasi atau posisi suatu lokasi tersebut.
-The abstraction and understanding of context (Abstraksi dan
pemahaman konteks)
Pemahaman terhadap bagaimana cara konteks yang dipilih
berhubungan dengan kondisi nyata, bagaimana informasi yang dimiliki suatu
konteks dapat membantu meningkatkan kinerja aplikasi, dan bagaimana tanggapan
sistem dan cara kerja terhadap inputan dalam suatu konteks.
-Application behaviour based on the recognized context
(Tingkah laku aplikasi)
Bagaimana pengguna dapat memahami sistem dan tingkah lakunya
yang sesuai dengan konteks yang dimilikinya serta bagaimana caranya memberikan
kontrol penuh kepada pengguna terhadap system.
Layanan Perbaikan sumber
-Telematika untuk mempersatukan bangsa dan memberdayakan
masyarakat
-Telematika dalam masyarakat untuk masyarakat
-Infrastruktur Informasi Nasional
-Sektor swasta dan iklim usaha
-Peningkatan kapasitas dan teknologi
-Government online
-Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI)
Sumber Referensi:
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/12/layanan-telematika-8/
http://arianokay.wordpress.com/2012/10/23/apa-itu-telematika/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar