Minggu, 25 Desember 2011

PERUBAHAN PERKEMBANGAN ORGANISASI DAN FAKTOR SERTA DAMPAKNYA


Ada beberapa pengertian mengenai Perkembangan Organisasi, yaitu ;
1.merupakan suatu proses yang meliputi serangkaian perencanaan perubahan yang sistematis yang dilakukan secara terus-menerus oleh suatu organisasi
2.merupakan suatu pendekatan situasional atau kontingensi untuk meningkatkan efektifitas organisasi
3. lebih menekankan pada system sebagai sasaran perubahan
4.meliputi perubahan yang sengaja direncanakan

Pengembangan organisasi mengukur prestasi suatu organisasi dari segi efisiensi, efektifitas dan kesehatan :
1. Efisien dapat diukur dengan perbandingan antara masukan dan keluaran, yang mengacu pada konsep Minimaks (Masukan minimum dan keluaran maksimum).
2. Efektifitas adalah suatu tingkat prestasi organisasi dalam mencapai tujuannya artinya kesejahteraan tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai
3. Kesehatan organisasi adalah suatu fungsi dari sifat dan mutu hubungan antara para individu dan organisasi yaitu hubungan yang dinamis dan adaptabilitas

Tujuan Perkembangan Organisasi ;
1. Menciptakan keharmonisan hubungan kejra antara pimpinan dengan staf anggota organisasi
2. Menciptakan kemampuan memecahkan persoalan organisasi secara lebih terbuka
3. Menciptakan keterbukaan dalam berkomunikasi
4. Merupakan semangat kerja para anggota organisasi dan kemampuan mengendalikan diri

Sifat-sifat dasar Perkembangan Organisasi :
1.merupakan suatu strategi terencana dalam mewujudkan perubahan organisasional, perubahan yang dimaksud harus mempunyai sasaran yang jelas dan didasarkan pada suatu diagnosis yang tepat mengenai permasalahan yang dihadapi oleh organisasi
2.harus berupa kolaborasi antara berbagai pihak yang akan mengalami dampak perubahan yang akan terjadi, keterlibatan dan partisipasi para anggota organisasi harus mendapat perhatian
3. Program PO menekankan cara-cara baru yang diperlukan guna meningkatkan kinerja seluruh anggota organisasi

Faktor atau Nilai-nilai yang ada didalam Perkembangan Organisasi :
1. Penghargaan akan orang lain
2. Percaya dan mendukung orang lain, sedangkan individu sendiri harus mempunyai tanggung jawab
3. Pengamanan kekuasaan (mengurangi tekanan pada wewenang)
4. Konfrontasi (masalah yang tidak disembunyikan)
5. Partisipasi (melibatkan orang-orang yang mempunyai potensi dalam proses pengembangan organisasi).

Dampak dan pengaruh yang ada didalam perkembangan organisasi :

1.Perubahan nilai yang dibawa diantaranya adalah:
a.Penggunaan seluruh sumber-sumber yang tersedia.
b.Pengembangan Perkembangan Organisasitensi manusia.
c.Efektivitas dan kesehatan organisasi.

2.Perkembangan Organisasi Berpengaruh Kepada proses yang meliputi:
a.Proses efektif
b.Proses manajemen
c.Proses pelaksanaan kerja
d.Perubahan teknologi, karena yang diutamakan adalah teknologi yang bisa menjawab     kualifikasi.




http://lukmancoroners.blogspot.com/2010/06/pengertian-pengembangan-organisasi.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar